Saat ini kita sudah berada dalam era modernisasi, dimana kebutuhan untuk mempercepat pekerjaan menjadi sesuatu hal yang sangat penting untuk dipenuhi. Nah jika kita berbicara tentang hal tersebut, keberadaan komputer maupun laptop dan sejenisnya sudah menjadi hal yang tidak asing lagi. Maka dari itu, banyak sebagian besar orang saat ini memiliki komputer maupun laptop untuk memudahkan pekerjaannya.

Nah, ngomong – ngomong soal laptop, perangkat ini biasanya dilengkapi dengan yang namanya sistem operasi. Bahkan OS atau Operating System ini dianggap sebagai komponen pertama pada laptop loh. Jadi, bisa dikatakan bahwa sistem operasi merupakan nyawa suatu perangkat, sehingga jika tidak ada sistem operasi maka perangkat tersebut akan terlihat kosong dan tak berarti.

Salah satu sistem operasi yang saat ini banyak digunakan adalah Windows. Apakah kamu salah satu pengguna sistem operasi ini? Jika iya, maka tepat sekali karena di kesempatan kali ini saya akan membahas hal yang terkait dengan Windows. Saat Windows 10 dirilis dalam status Technical Preview pada bulan Oktober 2014 lalu, Microsoft memastikan bahwa pengguna menggunakan Windows 10 yang Up to date.

Jadi, Windows 10 akan mendapatkan update secara terus-menerus, nah hal ini mengacu pada Build yang terinstall pada PC pengguna. Jadi, buat kamu pengguna sistem operasi Windows 10, penting nih buat kamu mengetahui Build berapa yang kamu gunakan. Lantas, bagaimana caranya supaya bisa mengetahui build yang kita gunakan di OS Windows 10 ini? Berikut saya rekomendasikan.

Melalui Command Prompt (cmd)

Langkah yang pertama silahkan buka menu pencarian, kemudian ketikkan cmd pada kolom pencarian tersebut lalu tekan Enter.

Setelah itu, ketikkan perintah“systeminfo”untuk melihat spesifikasi komputer. Kamu bisa melihatnya di bagian OS Version.

Melalui Registry Editor

Silahkan kamu buka Registry Editor dengan tekan Winkey Rpada keyboard, selanjutnya ketikkan regedit pada kolom yang tersedia lalu klik OK.

Setelah itu, masuk ke dalam direktori berikut.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion

Kemudian kamu bisa melihat versi Windows 10 Build pada bagian CurrentBuild.

Melalui System Information

Pertama – tama silahkan kamu buka Windows Run dengan cara tekan Winkey Rpada keyboard. Selanjutnya, ketikkan msinfo32 lalu klik OK.

Nah sekarang kamu bisa melihat Windows 10 Build yang sedang digunakan pada bagianVersion.

Melalui Settings

Silahkan kamu buka settings, lalu pilih menu system.

Setelah itu, perhatikan menu bar yang ada di sisi kiri. Kemudian pilih menu about. Lalu pada bagian Windows Spesification, kamu bisa melihat OS Build.

Melalui Dxdiag

Caranya silahkan kamu buka Windows Run dengan menekan Winkey Rpada keyboard. Selanjutnya ketikkan dxdiaglalu klik OK.

Setelah itu, kamu bisa melihat Windows 10 Build yang sedang digunakan pada bagian Operating System.

Melalui Winver

Caranya silahkan kamu buka Windows Run dengan cara tekan Winkey Rpada keyboard. Lalu ketikkan winver dan klik OK.

Setelah itu, akan muncul kotak dialog yang baru, dan kamu bisa melihat pada bagian Version.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Nah itulah Cara Mengetahui Windows 10 Build yang Kita Gunakan. Pilihlah cara yang sekiranya paling mudah buat kamu coba yaa. Jika ada pertanyaan terkait pembahasan kali ini, silahkan tanyakan di kolom komentar yang tersedia. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Categorized in:

Tagged in: